Sabtu, 09 Januari 2010

Misteri Kain Kafan Tuhan Yesus


Kain kafan dari Turin adalah sejenis kain linen yang bercapkan wajah seorang pria yang tampaknya meninggal karena penyaliban. Umat Kristiani di dunia mempercayainya sebagai kain kafan Yesus Kristus. Saat ini kain kafan tersebut disimpan di Katedral St John the Baptist di Turin, Italia.


Meskipun banyak penyelidikan ilmiah yang dilakukan untuk mengungkap hal itu, namun hingga detik ini tidak seorang pun mampu menjelaskan bagaimana gambar wajah itu bisa berada pada kain kafan tersebut. Tes radiocarbon menyebut kain kafan tersebut berasal dari abad pertengahan, namunhasil tes radiocarbon itu diragukan.
Sebelum abad pertengahan, muncul laporan bahwa kain kafan tersebut adalah gambar Edessa -laporan itu setidaknya sejak abad ke-4. Selain itu ada juga kain lain (yang sudarium) dikenal bahkan dari zaman Alkitab (Yohanes 20:7), bahwa kain digunakan untuk menutupi kepala Kristus ketika dikubur.



Sebuah studi 1999 oleh Mark Guscin, seorang anggota tim investigasi yang multidisiplin dari Pusat Sindonology Spanyol, meneliti hubungan antara dua kain. Berdasarkan sejarah, forensik patologi, kimia darah (yang sudarium juga dilaporkan jenis noda darah AB), dan pola noda, ia menyimpulkan, dua kain tersebut digunakan menutupi kepala yang sama dalam dua waktu berdekatan.



Avinoam hector (seorang peneliti dari Universitas Ibrani Yerusalem) sependapat dengan analisis ini, menambahkan bahwa serbuk sari di sudarium cocok dengan kain kafan.
Betapapun semua hasil-hasil penelitian ini belum bisa mengungkap sepenuhnya tentang kain kafan dan wajah didalamnya.

7 komentar:

robert mengatakan...

waw keren bnget ni info....

kalau perlu cari informasi yg lebih menditail dan bkin tmbah penasaran lagi akan semua yg mnyagkut sang RAJA

Pengikut Yesus mengatakan...

Cool.. Like this one

Anonim mengatakan...

so apa pun itu apakah milik Yesus atau Bukan.... Aku tetap Percaya Yesus adalah Juru Slamat ku

Ruth mengatakan...

Keren!!! Siapapun pemilik kain kafan itu, aku tetap percaya YESUS KRISTUS sebagai TUHAN dan JURUSELAMATku. HIDUP TUHAN YESUS!!!

Unknown mengatakan...

Pantang menyerah ikut dan percaya TUHAN YESUS......

Renaldy Widanto mengatakan...

@All : Terimakasih semua, God Bless You All :)

riddo jalmaf mengatakan...

aku yakin dan percaya itu pasti wajah Tuhan_KU...
Ku takan takut walau maut datang menjemput karna kuyakin engkau Yesus Tuhan Slalu bersamaku.....

Posting Komentar

Pertanyaan, Komentar, Kritik dan Saran? Silahkan Berkomentar di kolom bawah ini!

No Spam, No Racist, No Porn.!!