Senin, 02 Juli 2012

Italia Salah Strategi Sejak Awal Pertandingan


Spanyol bermain impresif, namun terbantu dengan kesalahan Italia dalam memilih strategi.
Pertandingan yang mengejutkan secara skor, meski jujur saja saya memang berharap Spanyol akan menang karena saya tertarik dengan sepakbola mereka. Malam tadi, Spanyol benar-benar memainkan sepakbola yang sangat menghibur, mendemonstrasikan permainan passing yang sangat indah. Dan mereka memang pantas meraih kemenangan di pertandingan ini.


Salah satu faktor yang membuat Spanyol mampu memenangkan pertandingan ini adalah karena strategi Italia memang tidak berjalan. Italia sebenarnya berusaha tampil menekan di awal pertandingan dengan menampilkan formasi yang ofensif dan membiarkan Daniele De Rossi dan Claudio Marchisio tampil lebih maju, namun Spanyol cukup cerdik untuk mengantisipasinya dengan bermain lebih melebar dengan memaksimalkan peran dua full back mereka, Jordi Alba dan Alvaro Arbeloa. Ini merupakan upaya pintar Spanyol karena Italia memang lebih berkonsentrasi di tengah.
Italia memang bermain terlalu ofensif malam tadi. Terlalu majunya posisi De Rossi dan Marchisio membuat lini pertahanan Italia menjadi lebih terbuka dan lebih mudah dieksploitasi oleh Spanyol, yang malam tadi kembali menampilkan umpan-umpan tajam ke pertahanan Italia. Space yang diberikan kepada pemain Spanyol menjadi sangat besar dan inilah kesalahan utama Italia di pertandingan ini.
Gol pertama menunjukkan bagaimana umpan terobosan ala Spanyol benar-benar efektif di pertandingan ini, memanfaatkan space besar yang diberikan oleh Italia. Sementara gol kedua lebih menarik lagi: melihat bagaimana seorang Jordi Alba, yang merupakan seorang bek kiri, bisa berlari maju atau overlap hingga ke depan, dan mencetak gol dengan sangat indah.
Satu hal yang menarik adalah bagaimana Andrea Pirlo tidak bisa berbuat banyak di sepanjang pertandingan ini. Pirlo terlihat benar-benar kesulitan ketika Spanyol melakukan pressing ketat terhadapnya di pertandingan ini. Lihat saja bagaimana Pirlo bahkan sampai harus membuang bola ketika ia sebenarnya berniat untuk mulai membangun serangan dari lini belakang. Ketika Pirlo mendapatkan bola, para pemain Spanyol langsung menyergap dan tidak memberikan kesempatan bagi Pirlo untuk melepaskan umpan.


Di pertandingan ini, saya memilih Iker Casillas dan Jordi Alba sebagai pemain terbaik di pertandingan ini. Casillas melakukan beberapa penyelamatan yang memberikan rasa frustasi bagi para pemain Italia, sementara Jordi Alba memang kembali tampil impresif dan bahkan mencetak gol. Bagi seorang bek kiri, itu luar biasa.

(Sumber : 




0 komentar:

Posting Komentar

Pertanyaan, Komentar, Kritik dan Saran? Silahkan Berkomentar di kolom bawah ini!

No Spam, No Racist, No Porn.!!