Senin, 04 Juni 2012

Platini: Final Euro 2008 Akan Berulang

"Soal favorit, saya membedakan tim-tim yang bisa menjadi juara dan sulit dikalahkan."



VIVAbola - Presiden Federasi Sepakbola Eropa (UEFA), Michel Platini juga punya prediksi untuk pagelaran Euro 2012. Menurut Platini, final Euro 2008 bukan mustahil akan berulang pada 2012 kali ini.

Pria 56 tahun ini menyebut juara bertahan Spanyol dan Jerman akan melangkah ke final untuk kali kedua secara beruntun. Platini mengakui kapasitas dua tim ini untuk melaju ke final sangat besar dibanding 14 tim lainnya.

"Soal favorit, saya akan coba membedakan tim-tim yang bisa menjadi juara dan sulit dikalahkan," kata Platini yang juga legenda sepakbola Prancis ini kepada Reuters.
"Saya akan memasukkan Jerman dan Spanyol di kategori pertama, dan tim lainnya di kategori kedua. Karena kemampuan tim-tim seperti Denmark, Portugal, Italia dan Prancis juga tak bisa diremehkan. Jangan lupa, Yunani menjadi juara pada 2004," lanjut Platini yang masih menjadi pemegang rekor top scorer di Euro 1984 dengan koleksi 9 gol.

Platini yang membawa Prancis menjadi juara Euro 1984 menegaskan bahwa Jerman dan Spanyol punya keunggulan dibanding para rivalnya. "Spanyol sangat berpengalaman. Jerman tim yang lebih muda, tapi sangat lapar gelar."

Menurut pria yang gagal membawa Prancis lolos dari penyisihan grup di putaran final Euro 1992 ini, keinginan kuat Spanyol mempertahankan gelar akan menjadi motivasi besar. "Spanyol juga memiliki generasi pemain yang bagus."

"Kita akan menyaksikan Spanyol sebagai tim yang selalu menang di kualifikasi. Para pemain mereka juga sangat kuat."

"Sedangkan Jerman sangat mengesankan di Piala Dunia. Mereka hanya kalah dari Spanyol di semifinal. Artinya, dua tim ini punya sesuatu lebih," ucap Platini.

Belanda & Inggris

Belanda menjadi favorit berikut Platini setelah Spanyol dan Jerman. Meski Belanda harus membuktikan lebih lagi untuk menjadi penantang.

Sedangkan Inggris, menurut Platini, akan menderita akibat absennya striker Wayne Rooney pada dua laga awal. Kesolidan Inggris juga terganggu setelah mundurnya manajer Fabio Capello pada Februari lalu. Posisi Capello yang membawa Inggris ke putaran final Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 telah digantikan oleh Roy Hodgson.

"Saya pikir, absennya Rooney di dua laga awal lebih menentukan dibanding kepergian Capello. Rooney jadi salah satu pemain terbaik dunia."

Platini yang menjadi Presiden UEFA sejak 2007 mengakui sangat berharap tuan rumah Polandia dan Ukraina bisa bertahan lama di Euro 2012. Karena itu akan membuat publik tuan rumah terus menyaksikan ajang yang akan digelar pada 8 Juni-1 Juli 2012 ini.

"Sebagai panitia, kami harus netral. Jika tim tuan rumah bisa terus bertahan, akan muncul atmosfer dan semangat yang lebih baik. Saya yakin itu."

"Tapi, ini sebuah turnamen. Tim terbaiklah yang akan menang," tutur Platini. (irb)


0 komentar:

Posting Komentar

Pertanyaan, Komentar, Kritik dan Saran? Silahkan Berkomentar di kolom bawah ini!

No Spam, No Racist, No Porn.!!