Kamis, 11 Februari 2010

Game di Facebook Menjadi Kontroversi

Bagi banyak karyawan, Facebook, MySpace dan situs jejaring sosial lainnya merupakan bencana yang bisa memangkas produktivitas. Namun sekarang ada tambahan masalah lagi yakni games yang diselenggarakan oleh situs-situs tersebut.

Sebuah genre game sosial baru yang dinamakan Asynchronous membuat sebuah sistem di mana orang dapat memainkan game tersebut dengan temannya di saat yang bersamaan.

Games sejenis sebenarnya telah ada sebelumnya, semacam Farmville, CafĂ© World, Restaurant City, Pet Society dan Happy Aquarium, sedangkan yang dikembangkan oleh firma Zynga antara lain Playfish, Crowdstar dan Slahskey. Game–game tersebut popular di kalangan karyawan yang seringkali digunakan saat jam kerja.

Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri India, sekitar 12,5% produktivitas di sektor korporasi hilang setiap hari karena situs jejaring sosial.

“Apa yang kami lihat adalah lebih banyak orang dan organisasi yang terlihat produktivtasnya hilang, jadi sangat baik bila ada kemungkinan seorang kepala teknologi informasi memblok aplikasi Facebook,” ujar Peneliti Nucleus Research Rebecca Wetteman.

Nucleus Research yang berbasis di Boston yang melakukan studi terbaru efek atau dampak dari situs jejaring sosial terhadap produktivitas mengatakan, hampir separuh karyawan di Amerika Serikat mengakses situs jejaring sosial saat bekerja yang mengakibatkkan menghilangkan rata-rata 1,5% total produktivitas bekerja.

Facebook yang saat ini memiliki 350 juta pengguna mengatakan setidaknya 20% anggotanya memainkan game online.

Sebastian de Halleux, CEO dan Co-Founder game online Playfish mengatakan Asia berkembang dalam kecepatan yang luar biasa bila dibandingkan dengan wilayah lainnya di dunia.

“Kami belum menemukan alasan mengapa di Asia penyebarannya sangat cepat, ketika kami memiliki 100 ribu anggota dalam waktu sebulan, kami berpikir ini adalah sukses terbesar yang pernah kami punya. Sekarang sekitar 60 juta pengguna kami pikir adalah awal dari sukses yang mungkin lebih besar di depan,” ujar Sebastian de Halleux.

Rangkin penggunaan Playfish memang masih di belakang Pet Society dan Restaurant City.

Zynga Farm Ville, game onlie paling terkenal dengan lebih dari 70 juta anggota aktif yang masih menggunakan permainan tersebut hingga saat ini, menyediakan sebuah permainan pertanian virtual yang dimiliki oleh pengguna di mana mereka bisa menumbuhkan jagung, memelihara hewan dan membangun sebuah kawasan pertanian.

Sementara banyak perusahaan industri yang membatasi akses ke situs jejaring sosial, tidak ada satu karyawan pun yang berpendapat bahwa game semacam itu berbahaya bagi mereka.

Seorang konsultan SDM perusahaan di Bangalore, Anand Tatambhotla mengatakan bahwa bermain game online serupa dengan mengambil istirahat untuk bercakap-cakap atau merokok.

Psikiater Santosh Chaturvedi dari Institut Kesehatan Mental dan Neuro-Sains Nasional setuju dengan pendapat Anand Tatambhotla.

“Memainkan game semacam ini seperti istirahat tanpa melibatkan fisik secara langsung. Game mengubah alur pikir dan ketika seseorang kembali kepada kebiasaan rutin pekerjaannya, mungkin saja meningkatkan konsentrasi dan produktivitas mereka,” ujar Santosh.[ito]

0 komentar:

Posting Komentar

Pertanyaan, Komentar, Kritik dan Saran? Silahkan Berkomentar di kolom bawah ini!

No Spam, No Racist, No Porn.!!